Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Tgt Berbantuan Media Kartu Soal Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Purworejo Bae Kudus

MAHMUDAH, UMI RIFAATUL (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Tgt Berbantuan Media Kartu Soal Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Purworejo Bae Kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendsikripsikan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran team game tournament berbantuan media kartu soal. Model Pembelajaran team game tournament adalah suatu model pembelajaran yang dapat memupuk kerja sama siswa, keaktifan siswa serta keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan didalam game, dan media kartu soal dapat memberikan kesan yang menarik kepada siswa, proses pembelajaran terlihat lebih menarik pada siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Purworejo Bae Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran team game tournament berbantuan media kartu soal sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn materi globalisasi. Teknik pengumpulan data teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model team game tournament berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 79% menjadi 86,30%. Hasil belajar ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I dengan hasil 77,27% pada siklus II menjadi 82,95%. Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I yaitu dari 65,9% menjadi 85,45% pada siklus II. Pada ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu dari 57,95% menjadi 85,54%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Purworejo Bae Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran team game tournament berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi Globalisasi Kelas IV SD 1 Purworejo Bae Kudus. Dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Team Game Tournament Berbantuan Media Kartu Sol, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:52
Last Modified: 12 Feb 2018 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8004

Actions (login required)

View Item View Item