Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ips Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sdn Sumbersari 01

ISWAHYUDI, ISWAHYUDI (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ips Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sdn Sumbersari 01. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (294kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (530kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (694kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (199kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle pada pembelajaran IPS (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle pada pembelajaran IPS materi masalah sosial. Hasil belajar IPS merupakan perubahan dari sikap perilaku yang dialami siswa dalam berbagai aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif setelah melakukan kegiatan proses pembelajaran IPS. Problem Based Learning adalah suatu model yang efektif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa karena model ini pendekatan berpusat pada siswa yang dimana dapat meningkatkan kepekaan sosial untuk memecahkan permasalahan sosial yang bermakna dan kontektual dengan tujuan mampu merangsang pemahaman dalam perpendapat saling bekerjasama pada pemecahan permasalahannya. Sedangkan media Puzzle adalah media permainan teka – teki dari kepingan tipis yang terdiri dari 3 atau lebih potongan untuk di susun menjadi bentuk gambar yang utuh. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah penggunaan model Prolem Based Learning keterampilan guru, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Sumbersari 01 Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Sumbersari 01 dengan subjek 14 siswa. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, masing – masing tiap siklus terdiri 2 pertemuan. Siklus I terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle. Variabel terikat adalah hasil belajar pada pembelajaran IPS materi masalah sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Tes uji validitasnya menggunakan validitas kontsruk Expert Jugdment. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan model Problem Based Laerning berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar IPS, dan aktivitas Belajar. Hal ini dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagi berikut. (1) Pada keterampilan guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 77,2% dengan kriteria baik naik menjadi 86,11% dengan kriteria sangat tinggi. (2) Presentase ketuntasan hasil belajar prasiklus rata-rata klasikal 21,4% dengan rata-rata nilai 69,42 dan pada tes evaluasi siklus I rata-rata klasikal meningkat menjadi 50% kualifikasi cukup dengan rata-rata nilai 72,35, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata pada klasikal menjadi 92,9% dangan kualifikasi baik dengan rata-rata nilai 80,35. Sedangkan hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh sebesar 57,14% dengan kriteria sedang. Kemudian meningkat, kemudian meningkat menjadi 79,28% pada siklus II dengan keriteria tinggi. Sedangkan hasil belajar aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 58,75% dengan kriteria sedang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,35% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik serta keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Sumbersari 01. Saran pada penelitian ini bagi siswa diharapkan lebih pro aktif pada pembelajaran yang dapat berdampak positif pada aktivitas belajarnya. Bagi guru perlunya menerapkan model yang variatif dan inovatif untuk menciptakan suasana menarik perhatian dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problem Based Learning, Puzzle, Hasil Belajar IPS, Masalah Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 04:23
Last Modified: 12 Feb 2018 04:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item