PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TAHAPAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD 3 KARANGMALANG

MUJIZIDNI, LUQIYATI (2017) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TAHAPAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD 3 KARANGMALANG. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (562kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (267kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Karangmalang untuk pembelajaran IPS materi Tahapan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model Make a Match Model pembelajaran Make a Match merupakan merupakan pembelajaran yang dimana siswa belajar secara berkelompok dan dalam proses pembelajarannya dibuat menjadi tiga kelompok yaitu penanya penjawab dan penilai. Kemudian kelompok penanya mencocokkan soal dengan jawaban yang dibawa oleh kelompok penjawab yang soal dan jawaban sudah disusun secara acak dan sudah disediakan oleh gurunya. Dari tiga kelompok penanya, penjawab, dan penilai dapat bertukar peran setelah sesi berikutnya. Sedangkan hasil belajar adalah perubahan tingkah laku dari hasil proses yang berdasarkan pengalaman dan mencakup dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar digunakan untuk mengetahui seberapa jauh seorang menguasai materi yang telah diajarkan dengan materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD 3 Karangmalang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Karangmalang dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa sejumlah 28. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu peremcanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Make aMatch dan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu tes dan non tes. Untuk tes berupa tes tertulis. Sedangkan untuk teknik non tes yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model Make a Match pada pembelajaran IPS kelas V menunjukkan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar setiap siklusnya. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata (79,50% ) dan mendapat kualifikasi baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (84,50%) dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar IPS ranah kognitif materi tahapan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada pra siklus ketuntasan klasikal siswa sebesar (43%) dengan rata-rata 71,25 mengalami peningkatan pada siklus I menjadi (64%) dengan rata-rata 74,30 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi (89%) dengan rata-rata 79,60. Selain mengalami peningkatan pada ranah kognitif, peningkatan juga terjadi pada ranah afektif dan psikomotorik. Ranah afektif pada siklus I sebesar (66%) selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II menjadi (78%). Pada ranah psikomotorik pada siklus I mendapat skor (66%) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar (78%). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi tahapan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SD 3 Karangmalang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD 3 Karangmalang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make a Matchdapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi sesuai dengan potensi daerah yang ada di sekitar SD 3 Karangmalang. Saran dalam penelitian hendaknya siswa lebih aktif berinteraksi dengan pasangan kelompoknya dalam mengerjakan tugas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr.H.Murtono,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 04:27
Last Modified: 12 Feb 2018 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8013

Actions (login required)

View Item View Item