PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI SISWA KELAS IV SD 2 JEKULO KUDUS

Aisyah , Mairi Noor (2017) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI SISWA KELAS IV SD 2 JEKULO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (677kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (357kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (492kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi, mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran dan menemukan peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan persuasi kelas IV SD 2 Jekulo. Menulis adalah keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara bertatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan keterampilan yang bersifat produktif dan ekspresif. Think talk write adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir (think), berbicara/berdiskusi, bertukar pendapat (talk) di dalam kelompoknya masing-masing dan menuliskan hasil diskusinya (write) secara individu. Gambar fotografi adalah media pembelajaran yang berupa foto, gambar, peta, ilustrasi dan lukisan cetak yang tidak tembus pandang atau gambarnya tetap. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas IV di SD 2 Jekulo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Jekulo dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan persuasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi, keterampilan guru dalam mengajar, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) presentase ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi karangan persuasi siklus I diperoleh hasil 12 siswa tuntas dan 7 siswa belum tuntas dengan presentase ketuntasan klasikal 60%, meningkat pada siklus II diperoleh hasil 17 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas dengan presentase ketuntasan klasikal 85%, (2) keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 81,61% dengan kriteria “sangat baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 86,76% dengan kriteria “sangat baik”, (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan persuasi pada siklus I diperoleh pencapaian rata-rata 69,50% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh pencapaian rata-rata 80,50% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas IV SD 2 Jekulo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu penerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi siswa, keterampilan guru dalam mengajar, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Jekulo. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya lebih menguasai beberapa metode dan model pembelajaran yang efektif, dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada disekolah. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif dan meningkatkan semangat mereka selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu mengicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dalam aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Think Talk Write, Gambar Fotografi, Keterampilan Menulis, Karangan Persuasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 04:32
Last Modified: 12 Feb 2018 04:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8014

Actions (login required)

View Item View Item