Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas Iv Sd 1 Kandangmas Kudus

PRASETIYO, DIMAS YOGI (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas Iv Sd 1 Kandangmas Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (930kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (320kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (177kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus. Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran ketika peserta didik mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dengan subyek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model make a match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model make a match mengalami peningkatan pada siklus I 77,67% (baik) menjadi 86,60% (sanagat baik) siklus II. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan anatara siklus I (64,24%), dan siklus II (78,57%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 64,81% (baik) menjadi 75,15% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 65,94% (baik) menjadi 75,51% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model make a match, guru hendaknya lebih melakukan pendalaman materi dengan bermain agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Drs.Susilo Rahadjo,M.Pd.,Kons.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Make A Match, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 04:35
Last Modified: 12 Feb 2018 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8015

Actions (login required)

View Item View Item