KHILMI, ATIKA (2017) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Permainan Ular Tangga Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 1 Jepang Pakis Jati Kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (224kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peneran model pembelajaran make a match berbantu permainan ular tangga untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus. Model Pembelajaran make a match merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan kartu jawaban dan kartu soal. Model pembelajaran ini akan diterapkan pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi di kelas IV SD I Jepang Pakis Jati kudus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jepang Pakis Jati Kudus dengan jumlah subjek 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan mengajar guru memperoleh 75,5% meningkat pada siklus II yakni menjadi 84%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 59,82% pada siklus II meningkat menjadi 76,53%. Hasil belajar ranah kognitif pada siklus I memperoleh persentase 72,73% pada siklus II meningkat menjadi 86,36%. Hasil belajar siswa ranah afektif memperoleh persentase 58,97% meningkat pada siklus II menjadi 78,18%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentase 56,85% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,38%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Jepang Pakis menggunakan model pembelajaran make a match berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar, aktivitas siswa, hasil belajar siswa ranah psikomotorik, afektif, dan kognitif pada pembelajarn IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV SD 1 Jepang Pakis. Saran pada peneilitian ini dalam melakukan pembelajaran guru tidak menerapkan pembelajaran yang bersifat konvensional saja, guru hendaknya menerapkan pembelajaran yang bersifat inovatif agar pembelajaran akan lebih terasa menarik sehingga siswa juga akan merasa bersemangat dalam pembelajaran dan tidak mudah bosan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Make A Match, Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 05:50 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 05:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8017 |
Actions (login required)
View Item |