Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Somatis Auditori Visual Intelektual Berbantuan Media Musik Berlirik Pada Siswa Kelas V Sdn Maitan 01 Pati

ASTUTI, ANIF PUJI (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Somatis Auditori Visual Intelektual Berbantuan Media Musik Berlirik Pada Siswa Kelas V Sdn Maitan 01 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (327kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (473kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (90kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (112kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan Penerapan Model SAVI Berbantuan Media Musik Berlirik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SDN Maitan 01 Tambakromo Pati. Model SAVI merupakan salah satu model pembelajaran untuk merubah pemikiran anak-anak dalam belajar lebih baik jika suasana kelas diciptakan untuk bermain sambil belajar. Menulis merupakan kegiatan yang mengungkapkan fakta-fakta, gagasan, sikap, pikiran dan perasaan seseorang untuk disampaikan kepada pembaca. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Maitan 01 dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah penerapan model SAVI berbantuan media musik berlirik. Variabel terikatnya adalah meningkatkan keterampilan menulis puisi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model SAVI berbantuan media Musik Berlirik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1)keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 83% dengan kriteria “sangat baik” menjadi 95,5% dengan kriteria “sangat baik” (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 67,9% dengan kriteria “baik” menjadi 80,9% dengan kriteria “sangat baik” (3) keterampilan menulis puisi bebas siswa pada siklus I ke siklus II juga meningkat dari 80,9% dengan kriteria “baik” menjadi 90,9% dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model SAVI berbantuan media Musik Berlirik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V di SDN Maitan 01 Pati, dan saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model SAVI berbantuan media Musik Berlirik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V. Bagi siswa hendaknya aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Model SAVI, Media Musik Berlirik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 06:04
Last Modified: 12 Feb 2018 06:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8021

Actions (login required)

View Item View Item