Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Pendekatan Pmri Berbasis Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V

PERMATASARI, INDAH (2017) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Pendekatan Pmri Berbasis Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (890kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (444kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (260kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah materi jaring-jaring bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) berbasis permainan tradisional berbantuan media bongkar pasang pada siswa kelas V SDN 3 Krasak Pecangaan; 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam memecahkan masalah materi jaring-jaring bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) berbasis permainan tradisional berbantuan media bongkar pasang pada siswa kelas V SDN 3 Krasak Pecangaan; dan 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana melalui pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) berbasis permainan tradisional berbantuan media bongkar pasang pada siswa kelas V SDN 3 Krasak Pecangaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang telah dilaksanakan di kelas V SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian guru dan 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) berbantuan permainan tradisional. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar (87,45%) dengan kriteria Sangat baik, dan keterampilan guru pada saat proses pembelajaran sebesar (88,04%) dengan kriteria Sangat baik, dan didukung dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar (90,90%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 3 Krasak Pecangaan Jepara dapat disimpulkan dengan menerapkan (PMRI) berbasis permainan tradisional dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru serta kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat mengembangkan PMRI berbasis permainan tradisional sehingga proses pembelajaran menjadi efektif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Eka Zuliana,S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pendekatan PMRI, Permainan Tradisional.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 06:13
Last Modified: 12 Feb 2018 06:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8023

Actions (login required)

View Item View Item