Penerapan Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Surat Kabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas Iv Sdn Langenharjo 01 Pati

MUSTOFA, MUHAMMAD WAHYU (2017) Penerapan Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Surat Kabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas Iv Sdn Langenharjo 01 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (567kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (455kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (699kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (269kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model auditory intellectualy repetition berbantuan surat kabar dan peningkatan kemampuan membaca intensif siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi menemukan kalimat utama kelas IV SDN Langenharjo 01. Membaca intensif merupakan suatu aktivitas membaca yang sangat membutuhkan kecermatan. Model auditory intellectualy repetition adalah model pembelajaran yang terdiri dari tiga unsur didalamnya, auditory berhubungan dengan mendengarkan, intellectualy berhubungan dengan berpikir, dan repetition adalah pengulanga. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model auditory intellectualy repetition berbantuan media surat kabar dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV di SDN Langenharjo 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklur terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model auditory intellectualy repetition dan media surat kabar. Variabel terikat adalah kemampuan membaca intensif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan guru dalam mengajar aspek membaca intensif menggunakan model auditory intellectualy repetition berbantuan media surat kabar pada siklus I 84,66% (baik) menjadi 92% (sangat baik) siklus II. Didukung peningkatan aktivitas siswa dalam belajar siklus I 67,35% (baik) menjadi 81,05% (baik) siklus II. Keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan antara siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Langenharjo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa penggunaan model auditory intellectualy repetition bebantuan media surat kabar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas siswa dalam belajar, dan keterampilan membaca intensif siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Mila Roysa,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Membaca Intensif, model Auditory Intellectualy Repetition, Media Surat Kabar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 12 Feb 2018 06:19
Last Modified: 12 Feb 2018 06:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8025

Actions (login required)

View Item View Item