SARI, RIRIN PERWITA (2017) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Keunggulan Lokal Dengan Model Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Media Puzzle Batar Pada Siswa Kelas V Sd 2 Panjunan. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL._JUDUL.pdf - Accepted Version Download (651kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (330kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apakah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah matematika, keterampilan memecahkan masalah, aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru berbasis keunggulan lokal berbantuan media puzzle batar pada siswa kelas V SD 2 Panjunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 2 Panjunan Kudus dengan jumlah siswa 38 siswa. Variabel bebas adalah model RME berbasis keunggulan lokal berbantuan media puzzle batar, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model RME berbasis keunggulan Lokal berbantuan media puzzle batar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I sebesar 60,5% dengan kriteria kurang baik, pada siklus II menjadi 76,3% dengan kriteria baik. Keterampilan memecahkan masalah pada siklus I sebesar 2,63 dengan kriteria baik sedangkan pada siklus II menjadi 3,15 dengan kriteria baik. Ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,78 dengan kriteria baik, kemudian pada siklus II menjadi 3,11 dengan kriteria baik. Keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 3,16 dengan kriteria baik, kemudian pada siklus II menjadi 3,35 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model RME berbasis keunggulan Lokal berbantuan media puzzle Batar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika kelas V SDN 2 Panjunan. Saran yang dapat diberikan adalah guru dapat menerapkan model RME sebagai strategi alternatif pemecahan masalah dengan berbantuan media puzzle batar berbasis keunggulan lokal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar matematika di kelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Eka Zuliana S.Pd,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Keunggulan Lokal, Media puzzle Batar, Kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 06:26 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 06:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8026 |
Actions (login required)
View Item |