Implementasi Model Think Talk Write Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Jepang Pakis Kudus

FAJRI, NAULIN ACHYUDINUR (2017) Implementasi Model Think Talk Write Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Jepang Pakis Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal judul]
Preview
PDF (hal judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (938kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
Bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
Bab_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 3 Jepang Pakis Kudus. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibat manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya aspek perubahan mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.Think Talk Write adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir, berbicara dan kemudian menuliskan topik tertentu dalam pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN 3 Jepang Pakis Kudus dengan jumlah 28 siswa. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model pembelajaran Think Talk Write. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Jepang Pakis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah peningkatan yang signifikan pada keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPS dengan model Think Talk Write meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 77% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II 85% (sangat baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I menjadi 79% (baik) dan siklus II meningkat kembali menjadi 86% (sangat baik). Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh hasil 76% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83% (baik). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh hasil 60% (cukup) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80% (baik). Simpulan penelitian dapat diterangkan bahwa keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPS telah mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Think Talk Write serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa ranah kognitif, afektif dan psikomtorik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia siswa kelas V SDN 3 Jepang Pakis Kudus. Saran yang diberikan kepada siswa yakni siswa hendaknya lebih aktif dan percaya diri saat pembelajaran berlangsung, dan siswa yang tidak tuntas sebaiknya lebih semangat dan rajin dalam belajar agar mendapatkan hasil yang baik dan tuntas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Drs.Moh Kanzunnudin,M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci: Model Think Talk Write, Hasil Belajar IPS, Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:04
Last Modified: 13 Feb 2018 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8031

Actions (login required)

View Item View Item