Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Group Investigation Berbantu Permainan Ular Tangga Siswa Kelas V Sd 2 Wergu Kulon

INDRIYANI, SARAH NOVIA (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Group Investigation Berbantu Permainan Ular Tangga Siswa Kelas V Sd 2 Wergu Kulon. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (814kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (281kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (141kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (31MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatkan keterampilan mengajar guru melalui model Group Investigation berbantu permainan ular tangga siswa kelas V SD 2 Wergu Kulon; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 2 Wergu Kulon. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku pada diri siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Group Investigation merupakan suatu model pembelajaran yang memerlukan partisipasi siswa dalam mencari informasi yang akan dipelajari sehingga dapat membangkitkan semangat, kemandirian, dan motivasi siswa untuk belajar. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari penjajahan bangsa asing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Wergu Kulon dengan subjek penelitian sebanyak 16 siswa dan guru, yang berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model Group Investigation berbantu permainan ular tangga, adapun variabel terikatnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD 2 Wergu Kulon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siklus I medapatkan presentase 92,5% termasuk kriteria amat baik dan meningkat pada siklus II mencapai presentase 97,5% termasuk kriteria amat baik; (2) hasil belajar ranah afektif pada siklus I mendapatkan presentase 90% termasuk kriteria amat baik dan meningkat pada siklus II mencapai presentase 93% termasuk kriteria amat baik, dan pada ranah psikomotorik siklus I mendapatkan presentase 85% termasuk kriteria amat baik dan meningkat pada siklus II mencapai 94% termasuk kriteria amat baik, serta (3) presentase ketuntasan klasikal hasil belajar IPS prasiklus 69% dengan rata-rata nilai 72,8 meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 81% dengan rata-rata nilai 73,1 dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 88%. dengan rata-rata nilai 74,7. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapam model Group Investigation berbantu permainan ular tangga dapat meningkatan keterampilan guru, dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 2 Wergu Kulon. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model Group Investigation dan media permainan ular tangga perlu dilaksanakan pada pembelajaran IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Group Investigation, Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 04:05
Last Modified: 13 Feb 2018 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8032

Actions (login required)

View Item View Item