PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK DI KELAS V SDN 2 PENDOSAWALAN KALINYAMATAN JEPARA

MUDALIFAH, FRIANTI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK DI KELAS V SDN 2 PENDOSAWALAN KALINYAMATAN JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of hal.judul]
Preview
PDF (hal.judul)
Hal._judul.pdf - Accepted Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
Lampiran_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media komik dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi keputusan bersama di kelas V SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. STAD merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. Komik merupakan suatu bentuk kartun yang mengungkapkan dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada pembaca. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc Tanggart dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model pembelajaran STAD berbantuan media komik, dan Variabel terikat yakni hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model STAD berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran dari siklus I ke siklus II persentase 81% (baik) menjadi 90% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa ranah afektif meningkat pada siklus I ke siklus II yakni 70% (cukup) menjadi 81,97% (baik) dan aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik meningkat pada siklus I ke siklus II yakni 69,38% (cukup) menjadi 80,22% (baik). Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni 66,67% (baik) menjadi 87,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat peneliti tarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa ranah (afektif dan psikomotorik) dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa materi keputusan bersama di kelas V SDN 2 Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan model pembelajaran STAD dan media komik sebagai alternatif model dan media yang digunakan dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:Drs.Kanzunnudin,M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Materi Keputusan Bersama, Model STAD, Media Komik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:11
Last Modified: 13 Feb 2018 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8033

Actions (login required)

View Item View Item