PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MENGGUNAKANMODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSALQUESTION PADASISWA KELAS V SDN 1 SINDUREJO

PRASTIOTOMO, YANI (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MENGGUNAKANMODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSALQUESTION PADASISWA KELAS V SDN 1 SINDUREJO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (400kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (316kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (203kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SDN 1 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Hasilbelajar merupakan perubahan sikapdan tingkah laku manusiayang diperolehdarikegiatanpembelajaranyang melibatkanaspek kognitif, afektif maupunpsikomotorik.Hasilbelajar ditandaidenganproses tidak tahu menjadi tahu. PKn merupakanmatapelajaranyangmemfokuskanpada pembentukan warganegara. Dalam pembelajaran di sekolah, pembelajaran PKn dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. model active learningtipe role reversalquestionmerupakankegiatanpembelajaranaktifyang menekankanpadaaktivitastanya jawabdenganpertukaranperan.Jikaguru bertukar peranmenjadisiswa makagurumengajukanpertanyaandansiswa mencoba menjawabpertanyaan.Begitupula sebaliknyajika siswayang mengajukan pertanyaanmakaguruyangmenjawab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model active learningtipe role reversalquestion materi organtubuh manusia dan hewan dapat meningkatkan hasil belajar PKn, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru kelas V SDN 1 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran active learningtipe role reversalquestion dalam pembelajaran PKn, dan kepala sekolah sebaiknya memfasilitasi dengan sumber dana dan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr.Murtono,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, PKn, model active learning tipe role reversal question
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 04:17
Last Modified: 13 Feb 2018 04:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item