PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY KELAS V SD 1 BULUNG KULON KABUPATEN KUDUS

DEFIANA, AFINDA TRISTI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY KELAS V SD 1 BULUNG KULON KABUPATEN KUDUS. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SD 1 Bulung Kulon. Model pembelajaran Two Stay Two Stray yakni pembelajaran secara kelompok terdiri dari 4 anggota yang setiap anggota kelompok memiliki tugas masing-masing yaitu dua anggota kelompok tinggal dan dua kelompok bertamu. Sintak dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray yakni (1) guru membagi kelompok, (2) guru membagi subpokok bahasan, (3) siswa diskusi kelompok, (4) siswa keliling kelompok, (5) siswa kembali ke kelompok asal, dan (6) siswa melakukan presentasi. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pelaksanaan setiap siklus melalui empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Bulung Kulon dengan subjek penelitian siswa kelas V SD 1 Bulung Kulon berjumlah 23 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Two StayTwo Stray sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah siswa kelas V mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 79,68% menjadi 91,52%. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meninkat dari presentase 79,82% menjadi 88,04%. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yakni dari 73,91% menjadi 86,95%. Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yakni dari 64,66% menjadi 73,45% dan pada ranah psikomotorik juga meningkat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yakni dari 61,19% menjadi 82,06%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Bulung Kulon dapat sisimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkat keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SD 1 Bulung Kulon. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti yaitu hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci: Hasil Belajar PKn, Two Stay Two Stray, Materi Keputusan Bersama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:19
Last Modified: 13 Feb 2018 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item View Item