PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) BERBANTUINFORMATION AND COMMUNICATIONTECHNOLOGY (ICT)PADA SISWA KELAS V

WIDIYANTI , KURNIA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) BERBANTUINFORMATION AND COMMUNICATIONTECHNOLOGY (ICT)PADA SISWA KELAS V. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
COVER_SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dalam menggunakan model Numbered Heads Together, meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa serta mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas setelah penggunaan model Numbered Heads Together dalam mata pelajaran PKn. Model Numbered Head Togethermerupakan pembelajaran dengan mengahadapkan siswa pada suatu diskusi kelompok yang mana di dalam kelompok tersebut harus timbul rasa tanggung jawab antar anggota. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar, keterampilan guru dan karakter siswa dengan diterapkannya model NHTberbasis ICT dapat meningkat. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 1 Prambatan Kidul Kudus, subjek penelitian 37 siswa kelas V. Variabel bebas adalah model NHT, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar dan nilai karakter. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini adalah diskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Numbered Heads Togetherdapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 84,2% menjadi 88,7% (sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II dari 54% menjadi 81% (baik). Pada ranah afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari 71,65% menjadi 78,3% (baik), ranah psikomotorik mengalami peningkatan dilihat dari siklus I ke siklus II yakni 69,4% menjadi 75,85% (baik). Sedangkan untuk karakter siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase 69,82% menjadi 77,55% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model NHT Berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik, serta karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran PKn kelas V SD 1 Prambatan Kidul Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1:SANTOSO,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), Hail Belajar, Disiplin, Tanggung Jawab.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:23
Last Modified: 13 Feb 2018 04:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item View Item