Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tamansari 03 Pati

WULANSARI, WAHYU (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tamansari 03 Pati. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal.judul) - Accepted Version
Download (446kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (550kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (271kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi melalui model cooperative integrated reading and composition berbantuan media roda putar pada siswa kelas IV SDN Tamansari 03. Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan mengungkapkan pikiran, ide, gagasan dan pendapat orang lain yang dilakukan melalui sebuah tulisan yang dapat dipahami orang lain. Karangan narasi adalah suatu karangan yang disusun berdasarkan peristiwa yang telah terjadi. Karangan yang membahas rangkaian peristiwa yang disertai dengan bukti-bukti disebut narasi ekspositoris sedangkan karangan yang menceritakan peristiwa sehingga mampu mensugesti pembacanya ketika membaca disebut narasi sugestif. Model pembelajaran cooperative integrated reading and compositon adalah model yang menekankan pembelajaran kelompok melalui penemuan ide-ide pokok atau tema. Media roda putar adalah benda yang berbentuk bundar yang dapat digerakkan dan berputar yang disertai gambar atau tulisan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tamansari 03 dengan subjek penelitian 12 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantuan media roda putar. Sedangkan variabel terikat adalah menulis narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terhadap peningkatan keterampilan mengajar guru terdapat peningkatan belajar siwa pada materi menulis narasi memperoleh presentase rata-rata yang cukup signifikan pada siklus I (74, 22%), dan siklus II (89, 06%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 50% (kurang) dan siklus II 79, 17% (baik sekali), dan aktivitas kelompok pada siklus I 68, 88 dengan presentase 50% (kurang) dan siklus II 84, 75 dengan presentase 100% (baik sekali). Peningkatan hasil belajar siswa menulis narasi dengan model cooperative integrated reading and composition berbantuan emdia roda putar juga mengalami peningkatan pada siklus I 66, 67% (kurang) dan siklus II 83, 33 (baik sekali). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model cooperative integreted reading and composition berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tamansari 03. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Tamansari 03 dapat disimpulkan bahwa melalui model cooperative integrated reading and composition berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Tamansari 03. Pada penelitian ini disarankan dalam pembelajaran menggunakan model cooperative integrated reading and composition guru harus membiasakan untuk mengadakan pembelajaran kelompok agar siswa lebih mandiri dalam mengembangkan ide yang ada didalam pikirannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Menulis Narasi, Cooperative Integrated Reading and Composition, Media Roda Putar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 04:25
Last Modified: 13 Feb 2018 04:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8038

Actions (login required)

View Item View Item