Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Sq4r Pada Siswa Kelas V Sd 1pedawang

KURNIAWAN, MOCH HUDA (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Sq4r Pada Siswa Kelas V Sd 1pedawang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (714kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (466kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan model SQ4R pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD 1 Pedawang. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari sumber tertulis. Membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang dilaksanakan dengan tujuan memahami isi dari suatu bacaan secara menyeluruh. Model SQ4R merupakan pembelajaran membaca yang terdiri dari tahap survey, question, read, reflect recite, review. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan metode SQ4R dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca pemahamansiswa mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD 1 Pedawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peneliti yang sekaligus sebagai guru serta siswa kelas V SD 1 Pedawang sebanyak 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model SQ4R. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model SQ4R dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Keterampilan guru dalam mengajar meningkat dari siklus I dengan rata-rata 84,09% (sangat baik) menjadi 93,18%(sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa dalam belajar meningkat dari siklus I dengan rata-rata 76,35% (baik) menjadi 84,12% (sangat baik) pada siklus II. Keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan presentase ketuntasan 64,71% menjadi 94,12% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah metode SQ4R dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD 1 Pedawang. Untuk itu disarankan dalam menerapkan metode SQ4R, guru hendaknya memperhatikan seluruh siswanya saat kegiatan membaca berlangsung agar semua siswa dapat memahami isi dari bacaan dengan baik dan menyeluruh

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr.Murtono,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia, Model SQ4R.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 04:36
Last Modified: 13 Feb 2018 04:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item