PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SD 6 HADIPOLO JEKULO KUDUS

ROHMAWATI , LILIS (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SD 6 HADIPOLO JEKULO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn dengan cara menerapkan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 siswa secara heterogen. Keterampilan guru berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa di kelas. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia memperoleh pembelajaran dan pengalaman belajar. Aktivitas siswa sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di SD 6 Hadipolo Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD (Student Team Achievement) sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD 6 hadipolo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar PKn. Hal ini dapat diketahui dari tercapainya indikator keberhasilan yakni sebagai berikut (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 73,21% kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 85,71% kualifikasi sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,27% dengan kriteria baik,meningkat pada siklus II menjadi 82,08% dengan kriteria baik, sedangkan aktivitas belajar siswa pada ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,57% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 83,75% dengan kriteria baik dan (3) ketuntasan hasil belajar prasiklus persentase ketuntasan klasikal 29,17% dengan rata-rata nilai 55,08, pada tes evaluasi akhir siklus I persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 66,67% dengan nilai rata-rata 70,20, pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata 76,45. Simpulan dalam penelitian ini yakni penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan keterampilan guru, xi aktivitas belajar siswa dan hasil belajara PKn siswa kelas IV SD 6 Hadipolo Jekulo Kudus. Saran yang perlu disampaikan yakni proses pembelajaran PKn dengan menngunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) perlu diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran dan tidak takut dalam mengungkapkan pendapat sehingga siswa benar mengalami proses belajaranya dengan baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mata Pelajaran PKn, Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Devision), Hasil Belajar PKn dan Materi Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 07:06
Last Modified: 13 Feb 2018 07:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8051

Actions (login required)

View Item View Item