Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas V Sd 4 Puyoh Kudus

PRASETIYANINGSIH, WAHYU DWI (2017) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas V Sd 4 Puyoh Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (319kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (924kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (189kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar IPS guru dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi usaha mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD 4 Puyoh Kudus. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa melalui permainan berbentuk turnamen akademik dimana siswa berlomba sebagai wakil dari tim mereka dengan anggota tim lain. Langkah-langkah model TGT terdiri atas (1) penyajian materi, (2) pembagian kelompok, (3) permainan (games and tournament), serta (4) penghargaan kelompok. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran IPS Hasil belajar IPS merupakan hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran IPS baik yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang memuat materi geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, dan antropologi. Materi penelitian ini adalah usaha mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 4 Puyoh Kudus yang terdiri atas 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas penelitian ini menggunakan validitas isi sedangkan tes uji cobanya menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas dengan menggunakan rumus r11. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi usaha mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan dari 5.26% (sangat rendah) pada prasiklus menjadi 57.89% (sedang) pada siklus I dan terus meningkat menjadi 84.21% (sangat tinggi) pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa dalam pembelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament meningkat dari 57.63% dengan kualifikasi sedang pada siklus I menjadi 73.81% dengan kualifikasi tinggi pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik siswa dalam pembelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament meningkat dari 58.15% dengan kualifikasi sedang pada siklus I menjadi 74.14% dengan kualifikasi tinggi pada siklus II. Keterampilan mengajar guru dalam menerapkan pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament dari prasiklus, siklus I dan siklus II meningkat yakni dari 46.4% menjadi 77.6 % (baik) pada siklus I dan terus meningkat menjadi 92.5% (sangat baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas V SD 4 Puyoh Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Puyoh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas V SD 4 Puyoh Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament, guru sebaiknya memperhatikan pengelolaan waktu pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar IPS, Usaha Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 07:17
Last Modified: 13 Feb 2018 07:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8055

Actions (login required)

View Item View Item