Peningkatan Keterampilan Berbicara Mendeskripsikan Benda Di Sekitar Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Fotografi Kelas Ii Sd 3 Rejosari Dawe Kudus

SETYAWATI, SRI SULIS (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara Mendeskripsikan Benda Di Sekitar Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Fotografi Kelas Ii Sd 3 Rejosari Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (998kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (132kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model talking stick berbantuan media gambar fotografi dan menemukan peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan benda sekitar kelas II SD 3 Rejosari Kudus. Berbicara pada hakikatnya merupakan suatu proses berkomunikasi dengan mempergunakan suara yang dihasilkan alat ucap untuk memindahkan pesan dari sumber ke tempat lain. model Talking stick termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah peserta didik mempelajari materi pokoknya. Gambar fotografi termasuk gambar tetap. Media gambar fotografi adalah media gambar datar tidak tembus pandang, misalnya foto, gambar fotografi, gambar, peta, ilustrasi dan lukisan cetak. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model talking stick berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan berbicara mendeskripsikan benda sekitar siswa kelas II di SD 3 Rejosari Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas II SD 3 Rejosari Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model talking stick dan media gambar fotografi. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan berbicara mendeskripsikan tunbuhan dan hewan disekitar, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yaitu (1) presentase keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan dan hewan siklus I diperoleh hasil 14 siswa terampil dan 6 siswa tidak terampil dengan presentase klasikal 70%, meningkat pada siklus II diperoleh hasil 18 siswa terampil dan 2 siswa tidak terampil dengan ketuntasan klasikal 90%; (2) keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 75% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 83,85% dengan kriteria “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara mendeskripsikan tumbuhan dan hewan pada siklus I 64,8% dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 82,5% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model talking stick berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan berbicara mendeskripsikan tunbuhan dan hewan disekitar, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa kelas II SD 3 Rejosari Dawe Kudus. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model talking stick berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan berbicara mendeskripsikan tunbuhan dan hewan disekitar, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa kelas II SD 3 Rejosari Dawe Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model talking stick berbantuan media gambar fotografi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II. Bagi siswa, hendaknya siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Mila Rosya, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Talking Stick, Gambar Fotografi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 07:41
Last Modified: 13 Feb 2018 07:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8059

Actions (login required)

View Item View Item