Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Leaflet Materi Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia Kelas V Sd 1 Mlati Lor Kudus

HASANAH, NUR (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Leaflet Materi Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia Kelas V Sd 1 Mlati Lor Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (318kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (570kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (71kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (84kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Leaflet, dan mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Leaflet materi persiapan kemerdekaan RI kelas V SD 1 Mlati Lor Kudus. Hasil belajar IPS adalah perubahan secara keseluruhan pada diri seseorang setelah mengikuti proses pembelajaran IPS yang meliputi 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mind mapping berbantuan Leaflet merupakan pembelajaran dengan sistem mencatat dengan memadukan kombinasi warna, simbol, dan bentuk untuk memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima serta memungkinkan siswa dapat belajar lebih santai dan rileks tetapi tidak meninggalkan tanggungjawab, kerjasama dan kreatif dalam pembelajaran. Materi persiapan kemerdekaan RI merupakan materi IPS kelas V yang terdapat pada kompetensi dasar 2.2 yaitu menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Mlati Lor Kudus dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Mind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Tes uji validitasnya menggunakan validitas Produk moment sedangkan reliabiltasnya menggunakan split-half-method. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa pada materi persiapan kemerdekaan RI yang signifikan antara siklus I (63%), dan siklus II (96,30%), didukung dengan peningkatan hasil belajar sikap siswa siklus I 51,41% (sedang) menjadi 60,87% (tinggi) siklus II, serta hasil belajar keterampilan siswa siklus I 54,4% (sedang) meningkat pada siklus II 65,67% (tinggi). Pengelolaan pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan guru dalam mengajar juga mengalami peningkatan siklus I 63,5 (tinggi) menjadi 78,5 (tinggi) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Mind Mapping berbantuan Leaflet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru mengajar pada materi persiapan kemerdekaan RI kelas V SD 1 Mlati Lor Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Mlati Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Leaflet dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan keterampilan guru mengajar pada materi persiapan kemerdekaan RI kelas V SD 1 Mlati Lor Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Mind Mapping, guru harus lebih kreatif dan memberikan penjelasan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya dalam membuat peta konsep.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Imaniar Purbasari,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mind Mapping, Leaflet, Hasil Belajar IPS, Persiapan Kemerdekaan RI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 07:42
Last Modified: 13 Feb 2018 07:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item