PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SIMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS V SD 3 GOLAN TEPUS

PUTRO, TONY RUDIYANTO (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SIMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS V SD 3 GOLAN TEPUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (552kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (582kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (528kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (386kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (219kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan menemukan peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media manipulatif. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika yang dipelajari. Peningkatan pemahaman konsep matematika dapat dilakukan melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw. Model cooperative learning tipe jigsaw merupakan model pembelajaran kelompok dengan setiap siswa mempelajari sub bab materi dan mampu mengajarkan sub bab materi tersebut pada sesama teman kelompoknya. Implementasi model cooperative learning tipe jigsaw dapat dioptimalkan dengan berbantuan media manipulatif. Media manipulatif adalah media yang dapat diotak-atik oleh siswa. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD 3 Golan Tepus, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Golan Tepus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media manipulatif, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kriteria pemahaman konsep matematika pada materi simetri lipat dan simetri putar yang signifikan antara tahap pra siklus yang mencapai rata-rata persentase (29,68%) dengan kriteria kurang, siklus I (73,58%) dengan kriteria baik, dan siklus II (81,27%) dengan kriteria baik. Peningkatan pemahaman konsep matematika didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada setiap siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari skor sebesar 43,72 dengan kriteria baik pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 52 pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil yang senada juga terlihat pada keterampilan mengajar guru yang juga mengalami peningkatan dari skor 129 dengan kriteria baik pada siklus I, meningkat menjadi 140 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Simetri, Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Media Manipulatif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 07:52
Last Modified: 13 Feb 2018 07:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8061

Actions (login required)

View Item View Item