SANTOSO, JUANG BAGUS (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Karakter Tanggung Jawabpada Siswa Kelas V Sdn 3 Jepang Pakis Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (256kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
PDF (bab2 )
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (53kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, nilai karakter tanggung jawab dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mappingpada mata pelajaran PKn materi Organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Model Mind Mapping merupakan model pembelajaran salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi pelajaran dengan pemetaan pikiran. Siswa dalam model ini dituntut untuk berpikir kritis selain itu, semua siswa akan terlibat aktif dalam pembelajaran.Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Karakter tanggung jawab adalah Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, nilai karakter tanggung jawab, dan hasil belajar PKn siswa dengan diterapkannya model Mind Mapping pada kelas V SDN 3 Jepang Pakis Kudus dapat meningkat Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Jepang Pakis Kudus dengan subjek penelitian 28 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi kebebasan berorganisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I keterampilan guru 76,29 % dan pada siklus II meningkat menjadi 83,7 %. Karakter tanggung jawab siswa siklus I mencapai persentase 76,35 % dengan kriteria “Baik” dan siklus II meningkat menjadi 83,92 % dengan kriteri “Baik”. Hasil belajar PKn siswa ranah kognitif 75 % pada siklus II meningkat menjadi 85,71 %. Hasil belajar PKn ranah afektif siklus I 75,45 % dengan kriteria “Baik” dan siklus II meningkat mencapai persentase 80,61 % dengan kriteria “Baik”. Hasil belajar PKn ranah psikomotorik siklus I 75,83 % dengan kriteria “Baik” dan siklus II meningkat mencapai persentase 82,25 % dengan kriteria “Baik”.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1:Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar PKn |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 07:50 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 07:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8062 |
Actions (login required)
View Item |