UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 02 TANJUNGREJO JEKULO KUDUS

Agung, Khusnul Nur Wahyu (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 02 TANJUNGREJO JEKULO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (502kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (508kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran make a match di kelas IV SDN 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus. Model Pembelajaran make a match adalah suatu model yang dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan terlihat sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 26 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yakni model pembelajaran make a match sedangkan variabel terikat yakni hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model make a match pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran terbukti pada siklus I ke siklus II dari persentase 74,56% menjadi 85,78%. Aktivitas siswa pada ranah afektif siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 67,5% menjadi 82,21%. Aktivitas siswa pada ranah psikomotorik siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 69,07% menjadi 81,08%. Hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yakni dari 69,23% menjadi 88,46%. Penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa ranah afektif dan ranah psikomotorik serta hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN 02 Tanjungrejo Jekulo Kudus. Saran dalam penelitian ini yakni guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga pembelajaran PKn dapat berlangsung dengan efektif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbng 1:Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Make A Match, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 08:24
Last Modified: 13 Feb 2018 08:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8065

Actions (login required)

View Item View Item