PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS V SD 1 SUKOBUBUK PATI

SUHARTINAH, SITI (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS V SD 1 SUKOBUBUK PATI. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (523kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (442kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (604kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (182kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran time token berbantuan medi akrtu bergambar dan menemukan peningkatan keterampilan berbicara pada materi mengomentari persoalan faktual kelas V SD 1 Sukobubuk. Berbicara adalah aktivitas berbahasa kedua yang dilakukan manusia setelah mendengarkan. Berbicara merupakan alat komunikasi yang umum digunakan dalam berinteraksi di masyarakat. Melalui berbicara seseorang mengungkapkan pikiran dan perasaannya, seperti mengomentari persoalan faktual. Persoalan faktual merupakan permasalahan yang berdasarkan kenyataan. Model time token adalah model pembelajaran yang demokratis yang digunakan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali. Kartu bergambar dalam penelitian ini adalah sebuah kertas tebal berpentuk persegi panjang yang berisi gambar. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan langkah-langkah perencanaan, pelakasanaan tindakan, observsi, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 05 dan 11 April 2017 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 12 dan 18 April 2017 dengan subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, unjuk kerja, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari skor rara-rata kelas siklus I sebesar 28,5 menjadi 31,1 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I ke siklus II. Siklus I mendapat rata-rata skor 54 dan siklus II mendapat skor rata-rata 63,5 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar kelas dan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan prasiklus sebesar 40% naik menjadi 66,67% pada siklus I dan naik menjadi 80% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru, dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD 1 Sukobubuk dengan diterapkannya model pembelajaran time token berbantuan media kartu bergambar. Saran dari peneliti yaitu siswa siharapkan dapat belajar dengan tertib dan saling menyemangati, guru kedepan hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran yang kreatif seperti time token dan mengarahkan siswa untuk terlihat aktif belajar, sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru untuk menggunakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, dan bagi peneliti lainnya diharapkan dapat lebih memahami model pembelajaran time token sehingga proses pembelajaran berjalan lancar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 : Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Time Token, dan Kartu Bergambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: TIDAK DITENTUKAN
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 08:47
Last Modified: 13 Feb 2018 08:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8066

Actions (login required)

View Item View Item