Penerapan Model Group Investigation Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Mejobo Kudus

SUSETYAWATI, DIAN (2017) Penerapan Model Group Investigation Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn 1 Mejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (661kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (457kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Model Pembelajaran Group Investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui berbagai sumber belajar. Model Group Investigation terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu seleksi topik, perencanaan kerjasama, implementasi, analisis dan sintesis, penyajian hasil akhir, evaluasi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Group Investigation sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan gurudalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 75,42% dengan kriteria baik menjadi 84,47% dengan kriteria baik. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 76,43%dengankriteria baik menjadi 83,63% dengan kriteria baik, hasil belajar ranah kognif juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yakni dari 72,5% dengan kriteria baik menjadi 82,08% dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yakni dari 73,4% dengan kriteria baik menjadi 82,5% dengan kriteria baik, dan hasil belajar ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yakni dari 66,23% dengan kriteria baik menjadi 81,67% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Mejobo Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN 1 Mejobo Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Group Investigation, Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 13 Feb 2018 09:01
Last Modified: 13 Feb 2018 09:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8068

Actions (login required)

View Item View Item