PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS

NUGRAHAENI, RATNA FAJRIA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (85kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (24MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Group Investigation dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, serta peningkatan hasil belajar PKn pada kelas VB SD Muhammadiyah 1 Kudus. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok kecil di mana siswa bekerja menggunakan inquiri kooperatif, perencanaan, proyek, diskusi kelompok dan kemudian mempresentasikan penemuan mereka di depan kelas. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang setelah mengalami proses belajar mengajar yang dapat berupa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VB SD Muhammadiyah 1 Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini, yakni model Group Investigation. Sedangkan variabel terikatnya, yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan penerapan model Group Investigation pada pembelajaran PKn menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I 83% (baik), dan siklus II 91% (sangat baik). Hasil pengamatan pada aktivitas belajar siswa ranah afektif juga menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I memperoleh 77,65% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 86,69% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik juga menunjukkan peningkatan antara siklus I 84,6% (baik) dan siklus II 86,15% (sangat baik). Hasil belajar ranah kognitif yang pada prasiklus hanya memperoleh nilai rata-rata 71,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 41,67%, meningkat dengan nilai rata-rata 86,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5% pada siklus I, dan mencapai nilai rata-rata 87,5 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 91,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn kelas VB SD Muhammadiyah 1 Kudus meningkat setelah diterapkannya model Group Investigation. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat menerapkan model-model pembelajaran yang bervariatif dalam pembelajaran PKn agar siswa dapat lebih mengembangkan kemampuannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Group Investigation, Menghargai Keputusan Bersama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 02:00
Last Modified: 14 Feb 2018 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8070

Actions (login required)

View Item View Item