PENERAPAN MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATERI SEJARAH DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 2 PASURUHAN LOR KUDUS

FARIDA, NUR AENI CHUSNUL (2017) PENERAPAN MODEL TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATERI SEJARAH DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 2 PASURUHAN LOR KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (765kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (996kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (352kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (406kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (44MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS. Hasil belajar adalah perubahan perilaku siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perubahan yang dimaksut perubahan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Team-Assisted Individualization merupakan model kooperatif dimana siswa dibentuk kelompok heterogen dan belajar kelompok kemudian diberikan tes diawal dan akhir pembelajaran sehingga membuat siswa lebih berpikir kritis dan menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Media gambar adalah alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berupa gambar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 2 pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subyek guru dan siswa kelas V berjumlah 28 siswa. Variabel bebas penerapan modelTeam-Assisted Individualizationberbantuan media gambar. Veriabel terikat hasil belajar IPS siswa materi sejarah dan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) hasil belajar kognitif siswa siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 85,7% menjadi 89,3% kriteria “sangat baik”, hasil belajar afektif siswa siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 56% menjadi 75%, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 54,6% menjadi 78,2% (2) keterampilan mengajar guru siklus 1 ke siklus II meningkat dari persentase 78,4% menjadi 89,2% kualifikasi “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan keterampilan mengajar guru SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan keterampilan mengajar guru SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model Team-Assisted Individualization berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS kelas V. Bagi siswa yang kurang aktif hendaknya sering menjawab pertanyaan atau bertanya tentang hal yang belum dipahami. Bagi Peneliti lain penelitian ini diharapkan mampu memicu untuk melakukan penelitian baru yang lebih inovatif dan kreatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Imaniar Purbasari,s.Pd,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Team-Assisted Individualization (TAI), Media gambar, Hasil belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 02:07
Last Modified: 14 Feb 2018 02:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8072

Actions (login required)

View Item View Item