Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Media Gambar Fotografi Pada Siswa Kelas V Sd 2 Kandangmas Kudus

KURNIAWATI, YUNITA (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Media Gambar Fotografi Pada Siswa Kelas V Sd 2 Kandangmas Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (695kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (477kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (229kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodelinkuiri berbantuan media gambar fotografidanmenemukanpeningkatanketerampilanguru, aktivitas dan keterampilan menulis siswa padamatapelajaranBahasa Indonesia materipuisipada siswa kelasV SD 2Kandangmas Kudus. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit tingkatannya dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Menulis merupakan sebuah kegiatan yang digunakan untuk alat berkomunikasi kepada orang lain melalui tulisan. Puisi merupakan sebuah karya sastra dari dalam pikiran seseorang yang berwujud tulisan dengan bahasa yang indah dan memiliki sebuah makna tertentu. Inkuiri merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa untuk memiliki pengalaman belajar dalam menemukan konsep-konsep materi berdasarkan masalah yang diajukan. Gambarfotografiadalah media gambardatartidaktembuspandang yang berbentuk visual yang sering digunakan dan umum dipakai dalamkegiatanbelajarmengajaryang dapat dimengerti untuk menyampaikan pesan yang menyangkut indera penglihatan. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi melalui model inkuiri berbantuan media gambar fotografi pada siswa kelas V SD 2 Kandangmas Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 2 Kandangmas Kudus dengan subjek penelitian guru dansiswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar fotografi. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi. Instrumen penelitian ini adalah tes kinerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran bahasa Indonesia melalui model inkuiri berbantuan media gambar fotografi meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 80,83% dengan kriteria sangat tinggi dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal yakni 84,58% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan persentase aktivitas siswa siklus I rata-rata klasikal 78,72% dengan kriteria tinggi, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal yakni menjadi 79,88% dengan kriteria tinggi. Persentase keterampilan menulis puisi bebas dengan ketuntasan klasikal pada prasiklus yakni 47,82% dengan kriteria sedang, kemudian setelah dilakukan penelitian pada siklus I menjadi 69,56% dengan kriteria tinggi, dan meningkat pada siklus II yakni menjadi 86,95% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian kelas yang dilakukan pada kelas V SD 2 Kandangmas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar fotografi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa dengan baik. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat mereka dalam mengikuti proses pembelajaran, guru lebih menguasai beberapa metode dan model pembelajaran yang efektif, dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah dengan baik, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang bisa membuat pelajaran bahasa Indonesia dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:KeterampilanMenulis Puisi, Model Inkuiri, Media Gambar Fotografi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 02:34
Last Modified: 14 Feb 2018 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item View Item