PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO CHANGES GLOBE SISWA KELAS IV SDN WONOREJO 1 DEMAK

KASANAH, UMUL (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO CHANGES GLOBE SISWA KELAS IV SDN WONOREJO 1 DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (998kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (658kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (234kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media video Changes Globe untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi kelas IV SDN Wonorejo 1. Model Contextual Teaching and Learning adalah suatu model yang menghubungkan pemahaman siswa mengenai materi yang dipelajari dengan lingkungan sekitar. Media Video Changes Globe adalah video yang dibuat oleh peneliti sendiri yang berisi mengenai contoh globalisasi yang terjadi di lingkungan sekitar. Sedangkan hasil belajar ialah prestasi belajar siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dan perubahan perilaku yang bersangkutan.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Wonorejo 1 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model CTL berbantu media video Change Globe. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni peningkatan hasil Belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara.. tes diuji validitasnya dengan rumus korelasi product moment, dan reabilitas dengan menggunakan rumus KR. 20 (Kuder Richardson). Analisis data yang digunakan yakni analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model CTL dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 77,58% (baik) menjadi 91,38% (sangat baik). Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 72,62% (baik) menjadi 80,68% (baik). Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71,34% (baik) menjadi 79,44% (baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II dari persentase 71,43% (baik) menjadi 94,29% (sangat baik). Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Wonorejo 1 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantu media video Change Globe dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa pada ranah afektif, ranah psikomotorik dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN Wonorejo 1, Demak. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran CTL sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.SUCIPTO,M.PD.,Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : CTL, Media Video, Peningkatan hasil belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 03:13
Last Modified: 14 Feb 2018 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8081

Actions (login required)

View Item View Item