PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 1 LORAM KULON KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS

CITRA, YULIA (2017) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 1 LORAM KULON KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (675kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (739kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (215kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dengan diterapkannya model Think Pair Share berbantuan media Diorama dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh dalam mempelajari materi pembelajarn sebagai bentuk keterlibatan siswa yang ditandai dengan perubahan perilaku. Model Think Pair Share merupakan strategi pembelajaran yang memiliki tiga tahap yaitu think berasal dari kata thinking yaitu berpikir kemudian dilakukan pair yang berasal dari kata pairing yaitu berpasangan dan dilanjutkan share yang berasal dari Sharing yang artinya berbagi. Media Diorama merupakan benda tiruan yang bentuknya lebih kecil atau mini dari aslinya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) Terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan diterapkannya model Think Pair Share berbantuan media Diorama, (2) Terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD 1 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model TPS berbantuan media diorama. Variabel terikatnya adalah meningkatkan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data analisis kualitatif. Tes uji validitasnya dengan menggunakan validitas konstruk product moment. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi yang cukup signifikan antara siklus I (68,18%), dan siklus II (95,45%), didukung dengan hasil belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 52,27% dengan keterangan sedang, kemudian meningkat menjadi 81,58% pada siklus II dengan keterangan sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I dipreroleh rata-rata persentase sebesar 55,58% dengan keterangan sedang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,78% dengan keterangan sangat tinggi. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan. Siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 64,20% dengan keterangan cukup, pada siklus II menjadi 84,08% dengan keterangan baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Untuk itu disarankan dalam penerapam model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Diorama, guru hendaknya lebih meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak membosankan serta guru perlu mengelola waktu dengan sebaik mungkin.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Think Pair Share, Diorama, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 03:04
Last Modified: 14 Feb 2018 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item