PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SD SAMBUNG GAJAH DEMAK

HIDAYATI, ANNISA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SD SAMBUNG GAJAH DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (535kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (356kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Talking Stick di kelas IV SD Sambung Gajah Demak. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku setelah melakukan proses kegiatan belajar yang mencakup tiga ranah antara lain kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran kelompok yang berbantu media tongkat. Siswa yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mempelajari materi pokoknya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Sambung Gajah Demak. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Sambung Gajah Demak dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan merupakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan; (1) Keterampilan guru pada pembelajaran PKn siklus I (70,1%) kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II (87,1%) kualifikasi “sangat baik”. (2) Aktivitas siswa pada ranah afektif juga meningkat antara siklus I (55,2%) kualifikasi “kurang” dan siklus II (75,1%) kualifikasi “baik”. Pada ranah psikomotorik dari siklus I (62,4%) kualifikasi “cukup” menjadi (80,6%) kualifikasi “baik” disiklus II. (3) Hasil belajar PKn siswa juga meningkat dari pra siklus (66,5%) kualifikasi “cukup”, siklus I (70,7%) kualifikasi “baik”, dan siklus II (80,0%) kualifikasi “baik”. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Sambung Gajah Demak. Disarankan guru pada setiap pembelajaran perlu merencanakan model dan mempersiapkan media pembelajaran. Siswa hendaknya aktif dan menumbuhkan sikap positif dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar yang baik. Bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan model pembelajaran yang lain, sehingga kualitas pembelajaran di kelas semakin meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 : Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran Talking Stick.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 03:21
Last Modified: 14 Feb 2018 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item View Item