Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 3 Piji Dawe Kudus

WIJAYANTI, ANGGRAENI PUJI (2017) Implementasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 3 Piji Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal.judul) - Accepted Version
Download (640kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (394kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (504kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (106kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelittian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peneran model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD 3 Piji, menjelaskan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa kelas V SD 03 Piji setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SD 3 Piji. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang dikembangkan untuk memberikan penguatan pengetahuan yang diperoleh para siswa hasil bacaan dari materi yang telah disampaikan oleh pengajar. Langkah-langkah dalam modelpembelajaran Snowball Throwing ada enam yang yakni (a) fase 1 penyajian manyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi, (b) fase 2 guru menyajikan materi pembelajaran, (c) fase 3 mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok bekerja dan belajar, (d) fase 4 membimbing kelompok bekerja dan belajar, (e) fase 5 evaluasi; dan (e) fase 6 memberikan penilaian / penghargaan. Model pembelajaran ini akan digunakan dalam mata pelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan konsep pilihan dari berbagai disiplin ilmu yang kemudian dipadukan dan diolah secara didaktis dan pedagogis sesuai dengan tingkat dan perkembangan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai guru dan 20 siswa kelas V SD 3 Piji Dawe Kudus. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri atas dari wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran Snowball Throwing meningkat pada setiap siklus. Persentase keterampilan mengajar guru siklus I satu memiliki rata-rata 67,50% dengan kriteria baik (berhasil) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,50% dengan kriteria baik (berhasil). Sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 65,34% dengan kriteria baik (berhasil) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 77,05% dengan kriteria baik (berhasil). Persentase hasil belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 78,25% dengan kiteria baik (berhasil) dan meningkat pada siklus II dengan mencapai rata-rata 85,25% dengan kriteria sangat baik (berhasil). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SD 3 Piji dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dalam mata pelajaran IPS mampu meningkatkan keterampilan megajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru lebih menguasai beberapa metode dan model pembelajaran yang efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang bias membuat pelajaran ilmu pengetahuan sosial menjadi lebih menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 03:34
Last Modified: 14 Feb 2018 03:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8085

Actions (login required)

View Item View Item