Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Al Mahalli Sd Unggulan Muslimat Nu Kudus

MUSTOFA, MISBAH ZAENAL (2017) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Al Mahalli Sd Unggulan Muslimat Nu Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (592kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (448kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (95kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (26kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru. (2) mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Mind Mapping materi pemerintahan pusat pada siswa kelas IV Al Mahalli SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Penelitian tindakan kelas dilasanakan di kelas IV Al Mahalli SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Mind Mapping dan variabel terikat yaitu hasil belajar PKn dan Aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Mind Mapping meningkat pada setiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I menunjukkan pengelolaan pembelajaran guru mendapatkan persentase rata-rata yakni 72,5% dengan kriteria baik. Sedangkan Pada siklus II meningkat mencapai persentase rata-rata yakni 87,5% dengan kriteria sangat baik. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata yakni 71,53% dengan kriteria baik. Sedangkan Pada siklus II mengalami peningkatan memperoleh persentase rata-rata yakni 86,34% dengan kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar pada ranah kognitif pada prasiklus 46,87%, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 71,42% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Persentase hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I rata-rata klasikal yakni 70,12% dengan kriteria sedang, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 86,04% dengan kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I rata-rata persentase yakni 69,48% dengan kriteria baik. kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase 84,72% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran PKn keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Peneliti menberikan saran agar guru sebaiknya menginovasi model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar, dan kepada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menguasai metode atau model pembelajaran yang inovatif sehingga mata pelajaran PKn dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing 1 :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar PKn, Aktivitas Belajar, Pemerintahan Pusat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 14 Feb 2018 03:36
Last Modified: 14 Feb 2018 03:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8086

Actions (login required)

View Item View Item