PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DENGAN MEDIA POP UP SISWA KELAS IV SDN 4 CENDONO

SUSANTI, MELLA IMANIA (2017) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DENGAN MEDIA POP UP SISWA KELAS IV SDN 4 CENDONO. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of halaman depan]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB_II_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (247kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya kualitas pembelajaran IPS dengan media dan mendeskripsikan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan media Pop Up dalam proses pembelajaran dan menemukan peningkatan Perilaku dan dampak belajar siswa, perilaku guru dan Penggunaan media pada mata pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, transportasi serta pengalaman menggunakannya pada kelas IV SD 4 Cendono Kudus. Model pembelajaran Cooperative Script menggunakan media Pop Up adalah model pembelajaran yang memanfaatkan media gambar yang dapat ditegakkan dalam menyampaikan materi sebagai pendukung proses pembelajaran sebagai bahan diskusi kelompok. model pembelajaran Cooperative Script menggunakan media Pop Up terdapat delapan tahapan yaitu (1) Membagi siswa untuk berpasangan atau kelompok; (2) Presentasi materi; (3) Menentukan peran siswa; (4) ringkasan materi; (5) Bertukar peran; (6) Menyimpulkan Materi; (7) Pop Up; (8) Penutup. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD 4 Cendono Kudus dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk melihat hasil tes setelah tindakan. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan media Pop Up dapat meningkatkan: (1) Perilaku dan dampak belajar siswa secara individu pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 73% dengan kriteria baik (B) dan meningkat di siklus II menjadi 75% dengan kriteria baik (B). Hasil pengamatan terhadap perilaku dan dampak belajar secara kelompok pada siklus I diperoleh r rata-rata persentase mencapai 74,21%, dengan kriteria baik (B) pada siklus II mengalami pengingkatan rata-rata persentase siklus II mencapai 75,21%, dengan kriteria baik (B). (2) Perilaku guru pada pembelajaran IPS siklus I memperoleh rata-rata presentase sebesar 75% dengan kriteria baik (B), dan meningkat di siklus II menjadi 88.54% dengan kriteria sangat baik (SB). (3) Penggunaan media pembelejaran siklus I memperoleh persentase sebesar 64,06% dan meningkat di siklus II menjadi 84,37%. Hasil penelitian dengan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan media Pop Up dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siklus I rata-rata presentse 69.91% dengan kriteria Baik dan meningkat pada siklus II dengan presentase 81.13% dengan kriteria Baik. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Cooperative Scriot menggunakan media Pop Up dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV SD 4 Cendono Dawe Kudus. Saran dalam penelitian ini yaitu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bersifat kontekstual dan menggunakan media gambar dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta media yang bersifat rahasia sebagai bahan diskusi dengan siswa. Siswa hendaknya aktif dalam proses pembelajaran secara individu maupun kelompok dan terlibat aktif dalam kegiatan diskusi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran IPS, Cooperative Script, Pop Up.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:31
Last Modified: 14 Feb 2018 04:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item View Item