Mendisiplinkan Waktu Kehadiran Siswa Melalui Konseling Behavioristik Teknik Kontrak Perilaku Pada Siswa Kelas X Ma Nahjatus Sholihin Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2016/2017

YUNIASTUTI, DWI (2017) Mendisiplinkan Waktu Kehadiran Siswa Melalui Konseling Behavioristik Teknik Kontrak Perilaku Pada Siswa Kelas X Ma Nahjatus Sholihin Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (370kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (365kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (168kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : 1. Menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya kedisiplinan waktu kehadiran siswa sesudah diberi layanan melalui pendekatan behavioristik dengan teknik kontrak perilaku, 2. Mendiskripsikan peningkatan aktifitas pada konseling konseling behavioristik dengan teknik kontrak perilaku pada siswa kelas X MA Nahjatus Sholihin Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2016/2017. Mengetahui efektifitas konseling konseling behavioristik dengan kontrak perilaku pada siswa kelas X MA Nahjatus Sholihin Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kedisiplinan waktu kehadiran siswa merupakan suatu sikap siswa yang tidak mengabaikan waktu kehadirannya dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah, memiliki disiplin tinggi yang biasanya tertuju kepada orang/siswa yang selalu hadir tepat waktu. Sedangkan kurangnya kedisiplinan waktu kehadiran yang sering terjadi pada siswa tidak segera ditangani maka akan dapat mempengaruhi teman dilingkungannya dan dapat menghambat prestasi akademik serta proses belajarnya di sekolah. Untuk mewujudkan kedisiplinan waktu kehadiran siswa yang baik peneliti melakukan peningkatan kedisiplinan waktu kehadiran siswa melalui konseling behavioristik dengan teknik kontrak perilaku. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus Bimbingan Dan Konseling dengan metode penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti sebanyak 3 (tiga) siswa MA Nahjatus Sholihin Kragan Rembang yaitu AS kelas X 2, AB kelas X 1, dan M kelas X 3 yang memiliki permasalahan kurangnya kedisiplinan waktu kehadiran siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi, metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif, agar dapat diperoleh pemahaman tentang kurangnya kedisiplinan waktu kehadiran yang dialami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kurangnya kedisiplinan dalam waktu kehadiran yang dialami siswa kelas X MA Nahjatus Sholihin berasal dari faktor dalam diri siswa dan lingkungan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya kedisiplinan dalam waktu kehadiran AS antara lain : kurang semangat sekolah, kurang suka dengan sekolah yang ditempati sekarang serta pengaruh teman lingkungan sekolah. Faktor penyebab kurangnya kedisiplinan dalam waktu kehadiran AB adalah malas sekolah, pola asuh orang tua yang kurang intens, serta pengaruh teman lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penyebab M kurang disiplin dalam waktu kehadiran yaitu perilaku bawaan lingkungan sebelumnya, kesulitan diisiplin, serta pengaruh teman lingkungan sekolah. Hal tersebut membuat AS, AB dan M berperilaku mal adaptif seperti sering datang terlambat, meninggalkan kelas, tidak tepat waktu pergantian jam pelajaran, keluar lingkungan sekolah, serta pulang sebelum jadwal sekolah. Setelah dilakukan konseling dengan pendekatan behavioristik teknik kontrak perilaku, konseli mampu menghilangkan perilaku mal adaptif dengan bersikap adaptif. Dengan adanya hal tersebut berarti konseling behavioristik dengan teknik kontrak perilaku sangat tepat untuk mengatasi kurangnya kedisiplinan dalam waktu kehadiran yang dialami oleh AS, AB, dan M. Berdasarkan penelitian diatas, peneliti menyampaikan saran kepada : 1. Kepala sekolah wajib menyelenggarakan pertemuan dengan guru BK untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru BK serta mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan BK. 2. Guru BK dapat meningkatkan kualitas pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya pada layanan konseling individu. 3. Bagi siswa yang mengalami permasalahan dalam kedisiplinan hendaknya dapat menyadari serta mengambil sikap yang tepat untuk bersikap sebagai seorang siswa. 4. Peneliti diharapkan mampu memanfaatkan ilmu bimbingan dan konseling yang telah didapatkandari bangku perkuliahan. Khususnya pada pendekatan konseling behavioristik dengan teknik kontrak perilaku untuk mengatasi kurangnya kedisiplinan dalam waktu kehadiran, serta beragam pendekatan lainnya agar mampu menangani berbagai permasalahan siswa dengan tepat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kedisiplinan Waktu Kehadiran Siswa, Konseling Behavioristik, Teknik Kontrak Perilaku.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 19 Feb 2018 03:20
Last Modified: 19 Feb 2018 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item