PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lina Setiani , Mei (2017) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (366kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (676kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (145kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (41kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (46kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (540kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian adalah; 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII SMPN 2 Jekulo, Kudus. 2. Untuk mengurangi perilaku agresif verbal pada siswa kelas VIII SMPN 2 Jekulo, Kudus melalui bimbingan kelompok dengan teknik self management. Rumusan masalah; 1. Bagaimanakah tindakan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa kelas VIII SMPN 2 Jekulo, Kudus?, 2. Apakah perilaku agresif verbal pada siswa kelas VIII SMPN 2 Jekulo, Kudus dapat dikurangi melalui bimbingan kelompok dengan teknik self management? Jenis penelitian PTBK dua siklus dengan menggunakan model konseling bimbingan kelompok teknik self management. Tempat penelitian di SMPN 2 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juni 2017. Variabel bebas bimbingan kelompok teknik self management, variabel terikat perilaku agresif verbal. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan interactive model, dan data kuantitatif dianalisis melalui persentase. Hasil penelitian perilaku agresif verbal dari pra siklus dalam kategori sangat tinggi (83,82%), pada siklus I menurun dalam kategori tinggi (74,56%), dan pada siklus II menurun lagi dalam kategori rendah dengan persentase (38,38%), ada penurunan perilaku agresif verbal siswa dari pra siklus ke siklus II sebesar (45,44%). Simpulan; Melalui bimbingan kelompok teknik self management dapat menurunkan perilaku agresif verbal siswa dari pra siklus dalam kategori sangat tinggi (83,82%) pada siklus I menurun dalam kategori tinggi (74,56%), dan pada siklus II menurun dalam kategori rendah (38,38%). Oleh karena itu hipotesis yang menyatakan ada penurunan perilaku agresif verbal melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management pada siswa kelas VIII SMPN 2 Jekulo, Kudus tahun pelajaran 2016/2017, diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan Saran: Bagi kepala sekolah, sebagai bahan masukan dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah, Bagi guru BK, melaksanakan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management sebagai alternatif dalam membantu siswa yang memiliki masalah khususnya tentang perilaku agresif verbal. Bagi siswa, yang perilaku agresif verbal dalam kategori tinggi untuk menguranginya dengan melakukan self-monitoring, stimulus control, self reward, dan self control. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih memperkaya penelitian ini, dengan menerapkan pendekatan bimbingan melalui teknik-teknik yang berbeda misalnya melalui layanan bimbingan individual behavioristik maupun gestalt.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Self Management, dan Perilaku Agresive Verbal
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 19 Feb 2018 03:39
Last Modified: 19 Feb 2018 03:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8162

Actions (login required)

View Item View Item