Akibat Hukum Debitur Melalaikan Tanggung Jawab Dalam Pembiayaan Konsumen (Studi Kasus Fif Di Kota Jepara)

FINALLISA, FINALLISA (2017) Akibat Hukum Debitur Melalaikan Tanggung Jawab Dalam Pembiayaan Konsumen (Studi Kasus Fif Di Kota Jepara). Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman depan) - Accepted Version
Download (367kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (294kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (236kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi yang berjudul “AKIBAT HUKUM DEBITOR MELALAIKAN TANGGUNG JAWABNYA DALAM PEMBIAYAAN KONSUMEN (STUDI KASUS FIF DI KOTA JEPARA)” ini bertujuan untuk mengetahui tindakan kreditor (FIF GROUP) kepada debitur sebagai akibat hukum kelalaian debitur pada tanggung jawabnya dalam pembiayaan konsumendan mekanisme penyelesaian wanprestasi yang dilakukan FIF GROUP cabang Jepara terhadap debitor yang lalai Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh maka disusun secara sistematis, kemudian dianalisa sehingga memperoleh kejelasan dari permasalahan yang dibahas. Selanjutnya, disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa tindakan FIF GROUP cabang Jepara untuk memenuhi kepentingannya akibat debitor melalaikan tanggung jawabnya (wanprestasi) yaitu mendatangi debitor untuk memberi peringatan dan somasi, memberikan sanksi denda atas keterlambatan angsuran dan melakukan pengembalian (penarikan Objek jaminan ) jika tidak ada itikad baik atau tidak mengindahkan himbauan serta peringatan dari pihak FIFGROUP. Mekanisme yang terjadi dalam penyelesaian wanprestasi yang dilakukan FIF GROUP yaitu dimulai dari debitor ditelpon oleh kantor wilayah FIF GROUP yang menghimbau agar segera membayar angsuran, debitor didatangi collector untuk bernegosiasi, menagih dan memberi surat somasi pertama, collector datang ke dua kali untuk bernegosiasi kembali, menagih dan memberi surat somasi kedua, collector mendatangi debitor membawa surat undangan untuk datang ke kantor FIF GROUP, collector mendatangi debitor untuk meminta pelunasan angsuran atau mengembalikan objek jaminan, FIF GROUP melakukan Wrrite off pada debitor dan melimpahkan pada pihak Debt collector dan setelah DC tidak berhasil akan ditempuh jalur hukum

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: SUCININGTYAS, S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembiayaan konsumen, Wanprestasi
Subjects: Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 20 Feb 2018 07:28
Last Modified: 20 Feb 2018 07:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item