PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD KELAS 3

UMAM, DOVIAN SYAFRIL (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD KELAS 3. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (971kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (416kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (181kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD 2 JOJO sebagai kelompok eksperimendan siswa kelas 3 SD 3 JOJO sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini subjek berjumlah 12 siswa dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini menggunakan 2 kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta dalam desain ini pengukuran juga dilakukan 2 kali yaitu sebelum diberikan perlakuan (Pretest) dan setelah diberikan perlakuan (Posttest). Berdasarkan hasil analisa teknik uji beda t yang diolah menggunakan program Statistical Packages for Social Science (SPSS) 15.0 For Windows diketahui hasil uji perbedaan pretest – posttest kelompok eksperimen dimana diperoleh besarnya koefisien beda dengan t kognitif sebesar – 11,415 dengan p sebesar 0,000 ( p < 0,01 ), serta t afektif sebesar – 33,435 dengan p sebesar 0,00 (p < 0,01). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada perbedaanhasil belajar siswa antara sebelum diberikan perlakuan metode Mind Mapping dengan sesudah diberikan perlakuan metode Mind Mapping pada kelompok eksperimen diterima. Dari hasil uji perbedaan Posttest kelompok eksperimen dan kontrol mendapatkan koefisien beda t kognitif sebesar 4,666 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01), sedangkan t afektif sebesar 3,496 dengan p sebesar 0,002 (p < 0,01), dan mean kognitif kelompok eksperimen sebesar 78,33 dan mean kognitif kelompok kontrol sebesar 49,17 serta mean afektif kelompok eksperimen sebesar 87,00 dan mean affektif kelompok kontrol sebesar 62,08. Dengan demikian Hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dimana pada kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan metode Mind Mapping mendapat hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan diterima.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Latifah Nur Ahyani, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Mind Mapping
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 17 Apr 2018 13:46
Last Modified: 17 Apr 2018 13:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item