IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MARKERLESSSEBAGAI MEDIA PENGENALANHISTORICAL UNIVERSITAS MURIA KUDUS BERBASIS ANDROID

ALWI, TAJUL (2018) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MARKERLESSSEBAGAI MEDIA PENGENALANHISTORICAL UNIVERSITAS MURIA KUDUS BERBASIS ANDROID. Skripsi Sarjana thesis, umk.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (65kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (128kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Seperti di Universitas Muria Kudus (UMK) terdapat sebuah miniatur 3D yang tersedia di dalam gedung Rektorat yang perlu untuk dikembangkan. Untuk merealisasikannya, kebutuhan untuk membuat cara yang efektif dan dapat menampilkan objek-objek tersebut sangat-lah penting seiring dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuanmemanfaatkan teknologidengan mengembangkan aplikasi yang dapat mengabadikan bentuk-bentuk sejarah yang meliputi gedung dan profil rektor Universitas Muria Kudus (UMK)dalam suatu media yang tidak membutuhkan ruang menyimpan yang besar. lebih praktis, canggih, dan menarik. Salah satu teknologi yang sedang popular di kalangan masyarakat adalah teknologi augmented reality (AR) yang memadukan antara kondisi nyata dengan benda-benda maya menjadi satu kesatuan secara real time.Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality Markerless pengenalan SejarahUniversitas Muria Kudus adalah metodologi pengembangan Multimedia Development Life Cicle (MDLC), sampai pada tahap distribusi sistem. Aplikasi ini menggunakan library Kudan SDK yang mampu menampilkan objek 3D dimensi gedung-gedung beserta profil rektor UMK ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan menggunakan smartphone android. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi android dengan menggunakan Markerlessatau tanpa marker beserta informasi terkait gedung-gedung dan profil rektor UMK, Markerless ini berfungsi sebagai pengganti marker pada umumnya untuk menampilkan objek gedung UMK lengkap dengan teks nama dan deskripsi gedung.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Tri Listyorini,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : UMK, Kudan SDK, Augmented Reality,Markerless,MDLC
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 21 Apr 2018 09:31
Last Modified: 21 Apr 2018 09:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item