Pengaruh Retailing Mix terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian pada Minimarket Indomaret Mejobo Kudus

Pahlawi , Muhammad Riza (2012) Pengaruh Retailing Mix terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian pada Minimarket Indomaret Mejobo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (295kB)
[thumbnail of Bab.I] PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.II] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.III] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.IV] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab.V] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (577kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Perkembangan bisnis ritel moderen di Indonesia mengalami kemajuan cukup pesat pada beberapa tahun terakhir. Masalah persaingan merupakan konsekuensi logis yang timbul akibat pesatnya pertumbuhan jumlah perusahaan ritel, mulai dari persaingan produk yang dijual, promosi, lokasi toko, pelayanan yang diberikan, sampai dengan fasilitas fisik yang tersedia. Hal ini dilakukan guna untuk menarik konsumen agar memutuskan untuk melakukan pembelian produk yang dijual. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melakukan penelitian pada Minimarket Indomaret Mejobo dengan perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh retailing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, pelayanan, dan fasilitas fisik secara parsial dan berganda terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Minimarket Indomaret Mejobo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh retailing mix secara parsial dan berganda terhadap pengambilan keputusan pembelian pada Minimarket Indomaret Mejobo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel produk, harga, promosi, lokasi, pelayanan, dan fasilitas fisik sebagai variabel independen, dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Jenis penelitian studi kasus yang didukung oleh survey melalui pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan sampelnya sebanyak 100 orang sebagai responden dengan teknik accidental sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F menggunakan bantuan program IBM SPSS Version 20 sehingga diperoleh hasil temuan penelitian sebagai berikut: a. Variabel produk dengan thitung < ttabel (-0,326 < 1,986), variabel harga dengan thitung > ttabel (2,756 > 1,986), variabel promosi dengan thitung < ttabel (0,809 < 1,986), variabel pelayanan dengan thitung > ttabel (3,399 > 1,986), variabel fasilitas fisik dengan thitung > ttabel (2,848 > 1,986) sehingga secara parsial terdapat pengaruh harga, pelayanan, dan fasilitas fisik terhadap pengambilan keputusan pembelian pada minimarket Indomaret Mejobo. Sedangkan untuk variabel produk dan promosi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian pada minimarket Indomaret Mejobo. b. Hasil nilai Fhitung > Ftabel (38,842 > 2,311) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga secara bersama-sama terdapat pengaruh retailing mix (produk, harga, promosi, pelayanan, dan fasilitas fisik) terhadap pengambilan keputusan pembelian pada minimarket Indomaret Mejobo. c. Nilai adjusted R square adalah sebesar sebesar 0,656 artinya bahwa 65,6% pengambilan keputusan pembelian pada minimarket Indomaret Mejobo dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, promosi, pelayanan, dan fasilitas fisik. Sedangkan sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I = Drs. Ag Sunarno H, SH, SPd, MM Pembimbing II = Dra.Hj. Panca Winahyuningsih,MM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 2136 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 05:25
Last Modified: 14 Sep 2013 05:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item