ANALISA GESEKAN PENGEREMAN HIDROLIS (REM CAKRAM) DAN TROMOL PADA KENDARAAN RODA EMPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

DZIKRULLAH, AFRIZAL ANNAS (2018) ANALISA GESEKAN PENGEREMAN HIDROLIS (REM CAKRAM) DAN TROMOL PADA KENDARAAN RODA EMPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Skripsi Sarjana thesis, umk.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (741kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (722kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (181kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Rem merupakan salah satu faktor penting dalam sistem pengereman, karena pentingnya fungsi rem pada kendaraan perlu dilakukan kajian mendalam tentang keausan dan tahap-tahapannya. Simulasi dengan menggunakan metode elemen hingga (FEM) merupakan salah satu progam untuk menentukan umur dari suatu komponen. Dalam penelitian ini telah mensimulasikan gaya pengereman depan (disc brake) dan belakang (tromol) kendaraan roda empat. Metode yang digunakan adalah memodelkan gesekan dan keausan pada proses pengereman. Analisa tersebut dilakukan dengan menggunakan simulasi progam dengan metode elemen hingga (FEM) disajikan dalam permodelan 3 dimensi (3D). Material dari disc dan tomol adalah cast iron dan material kanvas rem adalah komposit. Karena proses pengereman dengan tekanan dan gaya moment yang berubah-ubah maka perlu kajian mendalam tentang keausan dan tahapan-tahapannya. Analisa statis menghasilkan nilai von misses stress dan displacement sedangkan analisa dinamis menghasilkan grafik gesekan pada sistem pengereman (disc brakes dan drum brakes) menggunakan metode elemen hingga (FEM). Kata kunci : Disc brakes, Drum brakes, , FEM, Rem, Simulasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: QOMARUDDIN,ST,MT.
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Mesin
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 31 May 2018 02:47
Last Modified: 31 May 2018 02:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item