PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGROWO UNDAAN KUDUS

NUHA, MUHAMMAD ULI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGROWO UNDAAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (899kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (312kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (234kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (118kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Talking Stick dalam proses belajar mengajar di kelas berorientasi pada terciptanya kondisi belajar melalui permainan tongkat yang diberikan dari satu siswa kepada siswa yang lainnya pada saat guru menjelaskan materi pelajaran dan selanjutnya mengajukan pertanyaan. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di SD Negeri 02 Karangrowo Undaan Kudus dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Variable bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Talking Stick sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD Negeri 02 Karangrowo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan talking stickdapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan memperoleh persentase siklus I 70,23% menjadi 86,9% pada siklus II, hasil aktivitas siswa ranah afektif meningkat dari siklus I memperoleh persentase 84,47% meningkat menjadi 91,37% pada siklus II, hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat dari siklus I memperoleh persentase66,67% menjadi 84,84% pada siklus II, dan hasil aktivitas siswa pada ranah psikomotorik meningkat dari siklus I memperoleh persentase 67,23% menjadi 84,48% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 02 Karangrowo dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran talking stickdapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi globalisasi. Maka dari itu dalam pembelajaran guru disarankan untuk mengunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi supaya dapat merangsang siswa untuk aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Talking Stick, Hasil Belajar PKn, Materi Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 05 Jun 2018 07:43
Last Modified: 05 Jun 2018 07:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item