PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS V DI SD 4 GETAS PEJATEN KUDUS

ILMI, AQIDAH MIFTAKHUL (2018) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS V DI SD 4 GETAS PEJATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (539kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (267kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran PKn Kelas V, dan untuk menemukan peningkatan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas V di SD 4 Getas Pejaten Kudus, melalui keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Kualitas pembelajaran merupakan taraf/ mutu baik buruknya suatu kegiatan yang merubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik terkait nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik. Think, Talk, Write (TTW) merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang memfokuskan siswa pada keterampilan/ skill dalam berpikir, berkomunikasi, dan menulis. Peneltian tindakan kelas dilaksanakan di SD 4 Getas Pejaten Kudus dengan subjek penelitian, peneliti sebagai guru dan 25 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. setiap pertemuannya melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Think, Talk, Write (TTW), sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, amalisis data kuantitatif, dan kualitatif. Dengan penerapan model Think Talk Write (TTW) pada pelajaran PKn diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru meningkat. Pada siklus I memperoleh persentase rata – rata 86,6% dengan kriteria sangat baik dan berhasil, sedangkan siklus II memperoleh persentase rata – rata 96,58% dengan kriteria sangat baik dan berhasil. Aktivitas siswa ranah afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh persentase rata – rata sebesar 63,95% dengan kriteria cukup akan tetapi belum berhasil, sedangkan pada siklus II memperoleh 78,8% dengan kriteria baik dan berhasil. Hasil belajar siswa kelas V juga mengalami peningkatan dari sebelum tindakan. Pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebanyak 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajran Think Talk Write (TTW) dapat meningktkan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas V SD 4 Getas Pejaten Kudus yang diukur melalui aspek keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. saran yang disampaikan, diharapkan guru berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi. MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, PKn, Think, Talk, Write (TTW). Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 05 Jun 2018 07:50
Last Modified: 05 Jun 2018 07:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8945

Actions (login required)

View Item View Item