PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SDN 1 SUKOSONO JEPARA

FITRIYAH, I’ANATUL (2018) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SDN 1 SUKOSONO JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (793kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (568kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (443kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (281kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (281kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (2) menemukan peningkatan sikap ilmiah siswa;dan (3) menemukan peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model discovery learning.Discovery learning merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas siswa dalam memecahkan suatu maslah yang dihadapi, sehingga mereka akan mencari dan menemukan sendiri suatu konsep. Sikap ilmiah merupakan sikap yang perlu dimiliki oleh seseorang yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.Hasil belajar IPA adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran IPA sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang meliputi pengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspek afektif) dan keterampilan (aspek psikomotorik). Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terdapat peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA materi energi panas dan bunyi yang signifikan melalui penerapanmodel discovery learningdi kelas IV SDN 1 Sukosono Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Sukosono Jepara. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model discovery learning, sedangkan variabel terikatnya yaitu sikap ilmiah dan hasil belajar IPA materi energi panas dan bunyi. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes, serta foto. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa, hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut: (1) Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 2,39menjadi 2,78dengan kualifikasi “baik”; (2) sikap ilmiah siswa pada siklus I ke siklus II memperoleh skor rata-rata 2,01 menjadi 2,73 dengan kualifikasi “baik”;(3) hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase ketuntasan klasikal 67% menjadi 76%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning untuk pembelajaran IPA materi energi panas dan bunyi dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Sukosono Jepara.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: KataKunci: Discovery Learning, Sikap Ilmiah,Hasil Belajar IPA, Energi Panas dan bunyi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 05 Jun 2018 08:02
Last Modified: 05 Jun 2018 08:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item