PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN CIVICOSNADDER GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS

Dewi, Tri Kumala (2018) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN CIVICOSNADDER GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD UNGGULAN MUSLIMAT NU KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (701kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (569kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (494kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (218kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model numbered head together pada mata pelajaran PKn di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Model numbered head together merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya menggunakan nomor di kepala, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dengan yang lain. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu sebagai akibat dari kegiatan belajar yang menyangkutkan aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah meningkatnya keterampilan guru, Aktivitas belajar siswa dan hasil belajar PKn melalui penerapan model numbered head together berbantuan civicosnadder game. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V Ibnu Rusydi SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian guru dan 30 siswa yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas yakni model numbered head together berbantuan civicosnadder game sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Instrumen penelitian ini yakni observasi,wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model numbered head together berbantuan civicosnadder game meningkat setiap siklusnnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 85,5% (sangat baik). Persentase aktivitas belajar aspek afektif pada siklus I dengan persentase 71,08% (baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,95% (baik). Persentase aktivitas belajar aspek psikomotorik pada siklus I dengan persentase 70,07% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 81,60 (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus yakni 60% (cukup), kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 80% (baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 86,7% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat disimpulkan bahwa model numbered head together berbantuan civicosnadder game pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar kognitif siswa. Peneliti menyarankan agar para guru mampu menginovasikan model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Numbered Head Together, Civicosnadder Game, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 06 Jun 2018 07:00
Last Modified: 06 Jun 2018 07:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8962

Actions (login required)

View Item View Item