PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA CD CERITA PADA SISWA KELAS V SD N 1 MEJOBO KUDUS

Hartani, Anisa (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA CD CERITA PADA SISWA KELAS V SD N 1 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (104kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (77MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak cerita pendek melalui model picture and picture berbantuan media CD cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD N 1 Mejobo Kudus. Menyimak cerita pendek merupakan kegiatan menyimak cerita yang dilakukan untuk menemukan unsur yang terkandung dalam cerita. Model picture and picture merupakan model pembelajaran menggunakan media gambar dan mempunyai tahapan yang sistematis terdiri dari tahap penyampaian materi, presentasi materi, penyajian gambar, pemasangan gambar, penjajakan, penyajian kompetensi, dan penutup. Hipotesis dalam penelitiaan ini adalah penerapan model picture and picture berbantuan media CD cerita dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menyimak cerita pendek dalam materi mengidentifikasi unsur cerita berupa unsur intrinsik meliputi tokoh dan penokohan, alur, latar, tema, serta amanat siswa kelas V SD N 1 Mejobo Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD N 1 Mejobo dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran picture and picture berbantuan media CD cerita sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menyimak cerita pendek. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan hasil keterampilan dasar mengajar guru model picture and picture berbantuan media CD cerita pada siklus I 81,67% (baik) menjadi 86,67% (sangat baik) siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 73,23% (baik) menjadi 82,01% (baik) siklus II. Keterampilan menyimak cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia mengalami peningkatan antara siklus I 69,44% dan siklus II 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N 1 Mejobo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menyimak cerita pendek siswa kelas V SD N 1 Mejobo. Pada penerapan model picture and picture disarankan, guru harus dapat memfasilitasi siswa dalam kegiatan menyimak agar siswa mampu memahami bacaan dengan baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menyimak Cerita Pendek, Model Picture and Picture, Media CD Cerita.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 02:10
Last Modified: 07 Jun 2018 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item