PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD 5 GONDOSARI

KHOIRINNIDHA, KHOIRINNIDHA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD 5 GONDOSARI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (211kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (22MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model SQ4R dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada siswa kelas IV SD 5 Gondosari. Membaca pemahaman merupakan membaca yang dilakukan secara cermat yang digunakan untuk memperoleh pemahaman (sepenuhnya) atas suatu bacaan. Model SQ4R adalah suatu model dimana siswa dihadapkan pada enam tahapan, yaitu survey, question, read, reflect, recite, review. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model SQ4R dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 5 Gondosari. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 5 Gondosari dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model SQ4R. Variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman dan subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I dengan persentase sebesar 78% meningkat pada siklus II menjadi 88%; peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan persentase sebesar 71% meningkat pada siklus II menjadi 87%; dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I 65% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan model SQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku muatan bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD 5 Godosari. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model SQ4R pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku muatan bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 5 Gondosari. Saran dalam penelitian ini adalah guru sebaiknya memberikan variasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian siswa untuk selalu mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, SQ4R
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 02:04
Last Modified: 07 Jun 2018 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item