IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD DADIREJO 01 PATI

PRATIWI, AYU SENJA (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD DADIREJO 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (251kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (503kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (181kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media komik pada mata pelajaran IPS. Peningkatan Pemahaman Konsep dapat dimunculkan terhadap siswa melalui model pembelajaran think talk write berbantuan media komik dalam pembelajaran. Think Talk Write merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan berfikir, berbicara dan menulis untuk menjawab suatu permasalahan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media komik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa Materi Perjuangan Melawan Penjajah Pada Masa Belanda dan Jepang pada Kelas V SD Dadirejo 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN Dadirejo 01 Pati dengan subyek penelitian 20 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah sikap ilmiah siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran think talk write dan media komik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I 76,04% (baik) menjadi 85,49% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa siklus I (69%), meningkat pada siklus II (91%). Pemahaman konsep siswa siklus I (65%) meningkat menjadi (75%) siklus II. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Dadirejo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran think talk write berbantuan media komik dapat meningkatan pemahamn konsep pokok bahasan perjuangan melawan penjajah pada masa penjajahan belanda dan jepang SDN Dadirejo 01 Pati. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model think talk write berbantuan komik guru harus member pengarahan agar siswa tetap terarah dalam melakukan aktivitas pembelajarannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Mengajar Guru, Pemahaman Konsep, Think Talk Write, Media Komik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 02:18
Last Modified: 07 Jun 2018 02:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item